Apakah Data Facebook Anda Ikut Bocor? Begini Cara Memeriksanya

Insiden bocornya data pengguna Facebook yang digunakan oleh pihak ketiga, Cambridge Analytica langsung menghebohkan dunia. Berdasarkan laporan sementara dari pihak Facebook, setidaknya 87 juta pengguna sosial media ini ikut terdampak dan sekitar 1,1 juta orang diantaranya berasal dari Indonesia. Hal ini memang masuk akal mengingat besarnya jumlah pengguna Facebook di Indonesia dan banyak dari antara kita yang menghubungkan akun Facebook ke berbagai akun dan situs di dunia maya, seperti M88, Kompas, MetroTV, atau situs-situs lain.

Apakah Anda termasuk salah satunya? Berikut cara memeriksa apakah data Facebook Anda ikut bocor.

Jika Anda mendapat pesan di bagian atas Lini Masa Anda, berjudul “Protecting Your Information” atau yang artinya lebih kurang “Melindungi Informasi Anda”, maka dapat dipastikan Anda salah satu korban insiden ini. Sedangkan jika Anda tak terdampak, Anda akan diarahkan ke pengaturan privasi akun untuk memeriksa ulang ke mana saja Anda menghubungkan akun Facebook Anda dan opsi untuk menghapusnya.

Fungsi ini diluncurkan bersamaan dengan dijadwalkannya sang CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk bersidang di hadapan Kongres Amerika Serikat. Sembari hal ini berjalan, Facebook nampaknya ingin membangun kembali kepercayaan dari para penggunanya dengan memperbaiki pengaturan dan kebijakan privasi mereka, sambil mengevaluasi kerjasama dengan aplikasi pihak ketiga.

Apa yang terjadi jika saya mendapat peringatan ini?

Pada tahun 2013 yang lalu, Aleksandr Kogan, seorang peneliti dari Universitas Cambridge merancang aplikasi kuis kepribadian berjudul “This is Your Digital Life”. Aplikasi ini mengumpulkan informasi pribadi dari sekitar 300,000 pengguna Facebook.

Sistem Facebook mengizinkan aplikasi ini untuk mengakses data dari responden kuis beserta sahabat mereka (dengan jumlah sekitar 87 juta pengguna) tanpa izin dan kemudian membagikan informasi ini dengan pihak Cambridge Analytica. Firma analisis data ini kemudian menggunakan data ini untuk membantu kampanye Trump selama musim pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2016 lalu.

Fitur baru Facebook akan membantu memberitahu Anda apakah informasi Anda turut diambil. Terlepas dari pandangan pribadi Anda terkait insiden ini, beberapa pengguna nampaknya sangat kecewa akibat kerjadian ini dan sempat mengadakan gerakan untuk menghapus akun Facebook dengan tagar #DeleteFacebook.
Jadi, sudahkah Anda menerima pemberitahuan ini? Bagaimana perasaan Anda tentang privasi dan informasi pribadi yang tersedia di Facebook?

Leave a Reply