Cara Kerja Search Engine

Cara Kerja Search Engine – Pernahkah terbayangkan oleh anda bagaimana sih cara kerjanya mesin pencari seperti google, bing, yahoo, yandex, dan mesin pencari raksasa lainnya?. Kebanyakan orang mungkin tidak tau atau tidak ingin tau bagaimana cara kerjanya. Namun, jika anda ingin menggeluti dunia SEO, atau praktisi SEO, anda harus tau bagaimana cara kerja search engine atau mesin pencari tersebut.

Seiring perkembangannya, mesin pencari memang sangat membantu kehidupan sehari-hari kita. segala sesuatu sudah di lakukan dengan online dan searching untuk menemukan informasi terbaru, terupdate, tips, trick, dan masalah lainnya. Begitu besar pekerjaan search engine ini karena melayani jutaan orang dan menjawab pertanyaan jutaan orang di seluruh dunia setiap harinya. Oleh karena itu, tak heran jika di indonesia, search engine google di sebut sebagai “Mbah Google” karena bisa menjawab apa saja yang kita cari.

Jadi, mari kita bahas bagaimana ia bekerja dengan baik. Pada umumnya, search engine memiliki 2 pekerjaan utama yang harus ia lakukan setiap saat pada seluruh website di seluruh dunia maya. Yaitu Crawl dan Index. Oleh karena itu kita mengenal yang namanya robot search engine yang tugasnya merayapi atau crawl, atau merangkak apa yang di butuhkan oleh kita sebagai orang yang bertanya padanya. Mulai dari.

1. Crawl dan Index *

Tugas pertama search engine adalah Crawl dan meng”Index”nya. ini adalah tugas pokok untuk menelusuri keseluruhan dari website yang ia rayapi. Terutama halaman website, Jpg, png, dan file lainnya yang ada di halaman website tersebut. Crawl akan terus berjalan ketika sebuah laman website saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Dalam hal ini, tentu kita tau bahwa penghubung itu adalah “Link”. Jadi, tak salah jika banyak mengatakan membangun Internal Link yang baik akan membawa dampak yang baik pula bagi situs itu sendiri di search engine. (postingan selanjutnya akan di bahas internal dan external link).

Crawl dan Index Search Engine. Foto: Moz

Crawl dan Index Search Engine. Foto: Moz

Pada tahap selanjutnya, search engine akan “Meng-Index” halaman website yang ia “Crawl” tadi pada masing-masing database search enginenya. Seperti Google, dan lainnya. Mungkin anda juga sering melakukan atau membaca istilah fetch as google di webmaster yang memanggil robot google untuk crawl postingan baru anda dan mengindexnya.

2. Search Engine = Mesin Penjawab *

Ilustrasi Mesin Penjawab (search engine)

Ilustrasi Mesin Penjawab (search engine)

Search engine adalah mesin jawaban. Ketika seseorang melakukan pencarian online, mesin pencari akan membuka miliaran dokumen dan melakukan dua hal: pertama, ia akan memberikan hasil pencarian serelavan mungkin dengan yang di cari oleh orang tersebut kedua, ia akan memberikan hasil dengan memilah aspek popularitas website dan memberikan hasil. Untuk mesin pencari, relevansi berarti lebih daripada menemukan halaman dengan kata-kata yang tepat.

Popularitas sebuah halaman website dan juga memiliki kaya akan konten akan lebih mempengaruhi di search engine. Maka dari itu, kedua aspek tersebut harus benar-benar anda perhatikan.

Popularitas dan relevansi tidak ditentukan secara manual. Sebaliknya, mesin pencari menggunakan persamaan matematika (algoritma) untuk menyortir gandum dari sekam (relevansi), dan kemudian untuk peringkat gandum dalam rangka kualitas (popularitas).

2 Point Penting Search Engine *

Nah, dari penjelasan diatas kita sudah bisa mengambil 2 kesimpulan agar search engine “sayang” pada situs kita. yaitu.

  1. Artikel/konten berkualitas
  2. Popularitas situs, Halaman

Dalam membuat artikel yang berkualitas tentu ada teknik-teknik tersendiri yang harus anda lakukan. Terutama yang relavan bagi pembaca (manusia). Juga dalam meningkatkan popularis sebuah website, SEO, SMO dan digital strategy lainnya harus anda terapkan untuk menuai sebuah popularis situs anda. Popularitas situs dimaksud bukan di tuju pada satu aspek “terkenal oleh orang lain” namun memiliki makna yang lebih luas. Pada postingan selanjutnya, kita akan membahas cara dan teknik pada 2 point penting search engine tersebut. Semoga bermanfaat dan salam. (sumber: moz, SELand, SEJournal, and more)

Incoming search terms:

  • cara kerja search engine
  • jelaskan cara kerja search engine
  • bagaimana cara kerja search engine
  • bagaimana prinsip kerja search engine
  • sistem kerja search engine
  • terangkan tentang cara kerja mesin pencarian secara umum
  • cara kerja search engine secara umum
  • cara kerja search
  • prosedur search engine
  • Jelaskan cara kerja search engine internet

2 Comments

  1. Damar March 7, 2016
    • Johanes Gultom March 28, 2016

Leave a Reply