Google Penguin 4.0 Update, Bagaimana Kondisi SERP?

September 2016 ini sepertinya bakal menjadi momen berat bagi para pelaku industri dan praktisi search engine. Banyak hal yang terjadi sejak 1 september lalu hingga hari ini dan di perkirakan, ‘Goyangan’¬†ini akan terus terjadi hingga awal-awal oktober 2016.

Ya, Menunggu sekitar 2 tahun, Google Penguin versi 4.0 telah resmi di rilis oleh Google kemarin, 23 september 2016. Informasi ini dikonfirmasi google melalui laman resmi webmaster blog mereka. Sontak, Kabar Penguin 4.0 sejak kemarin menjadi trending topik di kalangan para praktisi dan menjadi bahasan utama di forum-forum SEO.

Google Penguin 4.0

Google Penguin 4.0

Terakhir, Penguin 3.0 di update 17 oktober 2014. Dampak kali ini pun belum bisa dipastikan para praktisi SEO. Berapa % presentase perubahan pada search engine. Baik lokal dan global. Namun beberapa catatan kami, Ada beberapa dampak yang sudah cukup terlihat (belum detail) yang sangat nyata dari update penguin 4.0 ini.

Sekedar mengingat, Dibawah inilah history update Google Penguin dari 1.0 hingga 4.0.

  • Penguin 1,0 pada tanggal 24 April 2012 (berdampak ~ 3,1% dari query)
  • Penguin 1.1 pada tanggal 26 Mei 2012 (berdampak kurang dari 0,1%)
  • Penguin 1.2 pada tanggal 5 Oktober 2012 (berdampak ~ 0,3% dari query)
  • Penguin 2.0 pada 22 Mei 2013 (berdampak 2,3% dari query)
  • Penguin 2.1 pada 4 Oktober 2013 (berdampak sekitar 1% dari query)
  • Penguin 3.0 pada 17 Oktober 2014 (berdampak sekitar 1% dari query)
  • Penguin 4.0 & real-time pada September 23, 2016

Ada beberapa hal yang perlu anda tahu tentang Google Penguin 4.0 ini. Namun kami belum menganalisa secara keseluruhannya. Berikut.

  1. Penguin 4.0 Real-Time – Google mengkonfirmasikan bahwa Penguin akan bekerja secara real time. Tidak semata-mata hanya sekedar update lalu berlalu begitu saja dan para ‘korban’ dampak update bisa kembali. Tidak!. Kali ini, Google sepertinya sangat serius memberantas para web spam dengan menargetkan penguin 4.0 bekerja secara real time.
  2. Lebih Terperinci – Google Penguin 4.0 menargetkan sinyal keseluruhan situs untuk menentukan peringkat di search engine.
  3. ..

Hal Yang Perlu Kamu Tahu di Bulan September *

Ada beberapa hal yang terjadi di search engine result page (SERP) di bulan september ini yang perlu untuk kamu ketahui. Perubahan-perubahan yang terjadi, agar anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi atau meminimalisir dampaknya terhadap bisnis anda.

Google SERP Feature Graph. Data: MozCast

Google SERP Feature Graph. Data: MozCast

1. Google Hapus Lebih dari Miliar Web Spam *

Google dikabarkan telah menghapus lebih dari 1.75 Miliar web spam di awal september ini. Dan tentu, jumlah tersebut akan terus bertambah sampai akhir bulan september. kebanyakan dari mereka adalah aduan complain dari pemilik website yang dirugikan.

Url Remove Google. Data: Google

Url Remove Google. Data: Google

Jika mengacu pada kata ‘complain’, Otomatis kita dapat membayangkan apa kesalahannya. Mungkin AGC, AGK, Copy paste dan banyak hal lain. Berdasarkan catatan penulis, bulan agustus-september Google telah menghapus 87,4 Miliar website spam. Ngeri kan?

2. Google Possum Update *

Perubahan pada hasil pencarian lokal sudah terpantau terjadi sejak awal september ini. Beberapa pantauan tim kami di indonesia juga beberapa perubahan besar terjadi di pencarian lokal. Beberapa webmaster beranggapan bahwa Possum di nilai sebagai ‘next version’ dari Google Pigeon yang dikeluarkan google pada 2014 lalu.

Google Possum

Google Possum

Google Possum dinilai lebih spesifik terhadap hasil search lokal yang lebih baik dari lebih bervariasi. Hingga kabarnya, Possum dapat menilai duplikasi bisnis lokal seperti alamat, no handphone, kategori bisnis, bisnis hingga hosting yang sama akan di babat habis. Apa lagi terdapat duplikasi konten.

Hal ini biasanya bisa terlihat dengan gampang pada mereka yang ‘serakah’ dengan menggunakan banyak Google Business page. atau Google Place.

Jika prediksi para praktisi SEO diatas benar tentang skema signal Google Possum, untuk mengatasinya tidaklah terlalu sulit. Apa lagi, Spesifikasi hosting yang sama sudah tertera menjadi salah satu signal agar hasil search lokal tidak mengandung semiliar website.

Penulis sendiri jadi teringat akan C Class IP yang berpengaruh pada membangun backlink yang unik dan baik. Untuk disitus ini, penulis belum sempat membuatkan artikelnya tentang C Class IP untuk SEO. Namun, anda bisa membaca lengkap di salah satu website praktisi seo lokal disini.

Jika anda para pelaku industri UKM yang mengharapkan SEO Lokal anda lebih baik, Anda dapat memulai untuk memperbaiki kreteria-kreteria SEO lokal anda. Mulailah dari website anda sendiri. Kami dapat membantu anda dengan memesan Jasa SEO yang kami tawarkan.

3. Google Penguin 4.0 Update *

Perubahan yang paling menyita perhatian praktisi seo adalah updatenya algoritma penguin ke versi 4.0. Seperti yang kami katakan diatas, Belum diketahui dampak apa saja yang terjadi pada update kali ini. Karena prosesnya masih sedang berlangsung. Anda mungkin bisa memantaunya sendiri .

Leave a Reply